DONGENG KELELAWAR YANG PENGECUT

DONGENG SANG KELELAWAR PENGECUT - Pada dahulu kala, dikisahkan di sebuah daerah hiduplah berbagai jenis hewan. Mulai dari hewan yang bertubuh besar sampai yang terkecil.

Suatu hari singa terlihat sedang menyantap hasil buruannya. Lalu seketika, seekor burung pemakan bangkai hendak menyambar hasil tangkapan dari singa tersebut. Dan burung pemakan bangkai itu pun berhasil merampas hasil buruan dari singa, sehingga sang singa menjadi sangat marah.

Sang singa lalu mulai mengumpulkan seluruh hewan yang berada di hutan. Ia hendak membuat pembalasan kepada seluruh burung, dirinya menyatakan perang terhadap bangsa burung. Singa dan para hewan lainnya mulai menyusun rencana guna untuk menyerang kawanan burung.


"Wahai hewan-hewan semuanya...! Nanti malam kita akan mulai menyerang para burung itu. Siapkah kalian semua!!!" ucap Sang Singa.

Tapi dari semua hewan yang menyatakan siap, ada satu hewan yang merasa dirinya tidak siap, dirinya takut. Hewan itu adalah kelelawar, kelelawar diam-diam mulai melarikan diri menyelamatkan dirinya. Tapi sayang, dirinya tertangkap oleh pasukan dari sang singa dan lalu diserahkan ke Singa tersebut.

"Ampun Singa...Jangan bunuh aku!" Kelelawar itu berkata ketakutan. "Aku ini dari golongan tikus!" lanjut kelelawar berteriak sambil sedikit memelas.

Dan ternyata singa itupun mudah sekali percaya perkataan dari kelelawar tersebut, dan dilepaskanlah kelelawar. 

Singkat cerita...Para kawanan burung telah berhasil dikalahkan, akan tetapi para kawanan burung tidak mau menyerah begitu saja, mereka mulai menyusun rencana balasan untuk menyerang kembali kawanan para hewan yang dipimpin oleh singa.

Keesokan harinya saat hari masih pagi sekali para kawanan burung mulai menyerang pasukan hewan. Serangan itu membuat pasukan yang dipimpin oleh singa kalang kabut. Pertempuran pun makin dahsyat. Hal ini membuat kelelawar mulai cemas.

Dalam keadaan panik sang Kelelawar ternyata mendatangi pasukan para burung, dan ia mengaku kalau dirinya dari golongan bangsa burung. Ia mau membantu berperang melawan para kawan hewan yang dipimpin singa.

Hal ini akhirnya diketahui oleh kedua belah pihak. Atas perintah dari Pimpinan burung dan Singa akhirnya pertempuran antara kedua belah pihak dihentikan, dan mereka sepakat untuk mengusir Kelelawar dari daerah merka masing-masing. 

Kelelawar pergi dari daerah itu dengan rasa malu. ia terbang tak tau arah sampai akhirnya kelelawar itu menemukan sebuah goa yang gelap dan ia memutuskan untuk tinggal didalamnya. Maka oleh itu, kenapa kelelawar suka tinggal didalam ruang yang gelap.


Jadi pembelajaran apa yang bisa kita ambil dari Dongeng Kelelawar pengecut ini : "Janganlah kita bersikap licik dan pengecut, karena hal itu tidak akan disukai oleh siapapun."


Sekian dan Terima Kasih !!!

Baca juga dongeng cerita fabel lainnya, disini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DONGENG KELELAWAR YANG PENGECUT"

Post a Comment