Dongeng Anak - Orang Kaya Yang Sombong

 Dongeng Anak - Orang Kaya Yang Sombong - Di sebuah desa tinggallah seorang yang kaya raya yang mengaku bahwa dirinya dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Dirinya sangat kaya raya sehingga membuat ia sangat sombong.

Pada suatu hari, datanglah seorang kakek tua kerumah orang kaya tersebut, kakek tersebut meminta - minta bantuan uang. Mendengar itu orang kaya tersebut pun hanya acuh dan mengusir si kakek tersebut. Setelah mendengar jawaban dari orang kaya yang sombong itu si kakek pun pulang kerumahnya dengan tangan yang kosong.



Pada malam hari sebelum tidur, orang kaya itu pun menghitung uangnya yang ia simpan, saking takut terlihat oleh orang lain orang kaya tersebut menghitung hanya mengunakan cahaya dengan lilin. Tiba-tiba lilin itu pun terjatuh kelantai yang terbuat dari kulit hewan.

Terbakarlah rumah orang kaya tersebut, dirinya panik dan langsung keluar rumah meminta bantuan dari tetangganya. Sayangnya para tetangganya sama sekali tidak ingin menolongnya, sebab mereka ingat sekali kalau orang kaya tersebut sering sesumbar kalau dirinya tidak membutuhkan bantuan dari siapapun. 

Baca dongeng lainnya, disini 

Akhirnya rumah beserta isinya pun hangus terbakar, orang kaya ini pun sekarang tidak memiliki harta sedikit pun bahkan pakaian yang ia punya hanya yang ia pakai. Dan dirinya baru menyadari kalau ia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.

Pesan Moral dari dongeng Orang Kaya yang Sombong ini adalah : "Kita tidak bisa hidup sendiri, kita butuh saling tolong menolong antar sesama." 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dongeng Anak - Orang Kaya Yang Sombong"

Post a Comment